Rabu, 08 Agustus 2018

Putu Sogok Jajanan Tradisional Yang Masih Bertahan Dan Digemari

E-NewsIndonesia - Jajanan tradisional sekarang ini sudah semakin sulit dijumpai dan hanya kita temukan di pusat kuliner tradisional. Namun ada satu jajanan tradisional yang masih bertahan dan mempunyai ciri khas tersendiri. Ketika ada bunyi menjerit keras menandakan ada pedagang yang sedang menjajakan jajanan tradisional putu sogok.

Unik memang selain pedagangnya berkeliling dengan suara nyaring dari alat pengkukus putu juga prosesnya yang harus disogok untuk mengeluarkan makanan dari cetakanya yang terbuat dari bambu.

Jajanan ini terbuat dari tepung beras dengan pewarna alami dari daun pandan. tepung beras dimasukan kedalam bambu setelah setengan diberi gula merah lalu tutup kembali dengan adonan tepung terigu. Setelah itu adonan dikukus diatas alat pengukus yang hanya terdapat lubang kecil.

Setelah adonan basah oleh uap air diangkat dan disogok. Lalu kue putu sogok yang telah jadi diberi taburan kelapa parut untuk memberikan rasa gurih.

Sarno penjual putu mengatakan masih banyak peminat yang membeli daganganya walaupun ia harus menjajakanya berkeliling.

"Alhamdulillah sehari masih bisa dapat 200 ribu rupiah mas," tutur Sarno kepada e-newsindonesia.com di sekitaran daerah Ciledug kabupaten Cirebon

Menurutnya pendapatan 200 ribu perhari dirinya masih mendapatkan keuntungan 100 ribu rupiah. 

"memang berat mas tidak seperti dulu kita tidak butuh waktu lama hingga dagngan habis. sekarang ini untuk mendapat 200 ribu saya harus seharian menjajakan daganganya," tutur pria yang menajajakan putu dengan mengendarai motor

Sedangkan bahan bakar yang dipakai adalah Gas 3 kg. Gassendiri selalu dalam keadaan menyala untuk memanaskan air yang berada dalam pengukus putu.

"Gas nya cuma bisa bertahan 2 hari saja mas," pungkasnya.(Ach)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Neper King Futsal Kembali Harumkan Kota Cirebon Setelah Sabet Medali Perak O2SN Jawa Barat

E-NewsIndonesia - Tim Futsal SMKN 1 Kota Cirebon (Neper King) kembali mengharumkan nama kota Cirebon. Kali ini Neper King mampu mempersem...