Senin, 06 Agustus 2018

XTC Pangenan Kerahkan Seluruh Anggota Perkuat Benteng Maritim

E-NewsIndonesia - XTC Pangenan mengerahkan seluruh anggotanya menuju pantai Pangenan kabupaten Cirebon pada hari Minggu tanggal 05 Agustus 2018. Mereka secara bersama-sama mengikuti kegiatan Penanaman 1000 Pohon Mangrove di Pantai Pangenan. 

Kegiatan Penanaman Pohon Mangrove ini bertemakan “HIJAUKAN PESISIR PERKUAT BENTENG MARITIM”. Kegiatan ini dipimpin langsung ketua XTC Pangenan  Ahmad Safiq Riadi.

Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. Selain anggota XTC juga melibatkan nelayan yang mendukung terselengaranya Penanaman Pohon Mangrove di Pantai Pangenan.

"Kegiatan Penanaman 1000 Pohon Mangrove ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga hutan mangrove di Kec. pangenan yang kini tidak luput dari permasalahan lingkungan   Mengantisipasi dampak dari PLTU 3," jelas Safiq

Menurutnya sekarang ini Pengarengan diapit oleh PLTU tahap 2 dan 3 yang otomatis ruang udara bersih semakin sempit. Akibat pengelolaan yang buruk, ekosistem hutan mangrove di pesisir pantai terancam punah sehingga akan mempercepat proses abrasi pantai dan dalam beberapa tahun kedepan. 

"Hutan mangrove mempunyai definisi sebagai hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau yang terletak di garis pantai dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut tepatnya di daerah pantai dan sekitar muara sungai. Sehingga tumbuhan yang hidup di hutan mangrove bersifat unik karena merupakan gabungan dari ciri-ciri tumbuhan yang hidup di darat dan di laut," lanjutnya

Hutan mangrove juga merupakan habitat alami berbagai biota laut. Seperti udang, berbagai jenis ikan dan sejenisnya. Karenanya, sangat keliru jika ada yang dengan sengaja menebang hutan mangrove untuk tujuan memperluas tambak mereka. Karena, tindakan tersebut dapat merusak kelestarian biota-biota laut.

"Kegiatan Penanaman 1000 Pohon Mangrove di Pantai Pangenan Kabupaten Cirebon ini diharapkan mampu memberikan manfaat secara langsung yaitu menghijaukan pesisir pantai dan memberikan dampak positif bagi kelangsungan fungsi ekosistem biotik maupun abiotik yang menjadi prioritas utama bagi terselengaranya kegiatan ini," pungkas Safiq.(Jack)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

PD Pembangunan Kota Cirebon Miliki Perumahan Rakyat

E-NewsIndonesia - Perusahaan Daerah Pembangunan (PDP) Kota Cirebon kini memiliki perumahan untuk masyarakat.  Perumahan itu Griya ...