Jumat, 12 Juli 2019

Kang Hero Respon Wacana KPU Terapkan E-Rekap Pilkada Serentak 2020

E-NewsInd - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Dr. Ir. H. Herman Khaeron M.Si mengungkapakan bahwa DPR membuka kemungkinan untuk merevisi Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada untuk merespon wacana Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerapkan rekapitulasi elektronik atau e-rekap pada Pilkada Serentak 2020.

Politisi partai Demokrat ini mengatakan revisi undang-undang dilakukan untuk menyediakan slot bagi landasan hukum e-rekap yang saat ini masih minim.

"Kalau ada yang perlu ditegaskan, disinkronkan kembali dalam undang-undang. Memang bisa untuk dilakukan revisi terbatas akumulatif terhadap UU Nomor 10 tahun 2016," jelas pria yang akrab disapa kang Hero ini

Kang Hero saat di kantor KPU Kota Bekasi Jum'at 17/7-2019 menuturkan penerapan e-rekap sebenarnya sudah disinggung sedikit dalam UU Pilkada. 

Sebelumnya, KPU menggulirkan wacana penggunaan e-rekap pada Pilkada Serentak 2020. Kebijakan ini akan jadi tahap percobaan e-rekap untuk Pemilu 2024.

"Secara menyeluruh UU dimaksud lebih banyak membahas soal rekapitulasi berjenjang manual. Sementara mekanisme rekapitulasi elektronik hanya secara umum dan tak mendetail. Kita akan dalami, cari yang sudah sinkron, baru nanti diselaraskan," tukasnya.(ach)


Ade Diyan Cetak Gol Perdana Kemenangan 3 : 0 PSIT Taklukan Maung Anom

E-NewsInd - Ade Diyan menjadi pencetak gol pertama bagi tim PSIT kota Cirebon pda ajang Super Jalapa Liga 3 Jawa Barat 2019 Grup A. B...