Kamis, 11 Juli 2019

SBH Dorong Pembangunan Jalur Kereta Api Menuju BIJB Kertajati

E-NewsInd - Ir. H. Sri Budihardjo Herman M.IPol (SBH) wakil ketua komisi 1  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat mendorong pembangunan jalur kereta api menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, di Kabupaten Majalengka Jawa Barat.

Menurutnya pembangunan tersebut sebagai bagian dari upaya mendukung akses menuju BIJB Kertajati tersebut.

SBH yang juga anggota Pansus VII DPRD Jawa Barat mengatakan bahwa sudah memasukan draf raperda perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 22 Tahun 2010 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Jawa Barat Tahun 2009-2029. Selain reaktivasi jalur kereta api Rancaekek-Tanjungsari, juga didorong pembangunan jalur kereta api menuju BIJB Kertajati.

"Eksistingnya dari Rancaekek ke Tanjungsari, dari sana kita bangun rel baru. Trase ini akan kita dorong sampai BIJB bahkan hingga ke Cirebon," kata SBH saat mengunjungi BIJB Kertajati Majalengka

SBH mengatakan reaktivasi jalur kereta api Rancaekek Tanjungsari sepanjang 11,5 KM direncanakan beroperasi pada tahun 2022-2023. Reaktivasi jalur kereta api dibutuhkan untuk mengurangi kemacetan dan menurunkan tingkat penggunaan kendaraan pribadi.

"Reaktivasi ini akan kita dorong untuk memudahkan aksesibilitas menuju BIJB Kertajati, selain untuk mengurai kemacetan di kawasan Jatinangor," lanjut SBH

Menurutnya reaktivasi empat jalur rel kereta api di Jawa Barat seiring dengan pembangunan infrastruktur transportasi di Jabar saat ini.

Pemprov Jawa Barat dan PT Kereta Api Indonesia sendiri akan mereaktivasi empat jalur kereta api di Jalur Bandung Ciwidey, Rancaekek Tanjungsari, Banjar Pangandaran Cijulang dan Cibatu Garut.

"Reaktivasi akan diteruskan ke BIJB Kertajati. Ini jalur-jalur yang nanti menjadi jangkar karena seperti kita ketahui kereta api merupakan angkutan yang paling digemari masyarakat, selain murah juga tidak terkendala macet," tukas SBH.(Ach)

Ade Diyan Cetak Gol Perdana Kemenangan 3 : 0 PSIT Taklukan Maung Anom

E-NewsInd - Ade Diyan menjadi pencetak gol pertama bagi tim PSIT kota Cirebon pda ajang Super Jalapa Liga 3 Jawa Barat 2019 Grup A. B...